Blogger templates

Jumat, 07 Desember 2012

Bahkan, manusiapun bisa belajar banyak hal dari hewan!!!


manusia adalah makhluk Tuhan dengan kedudukan tertinggi, kenapa? karna manusia diberi akal pikiran untuk digunakan sebagai guide dalam mengatur segala sesuatu yang ada di bumi, dan juga untuk berfikir. Inilah kelebihan manusia dibanding makhluk lain, berfikir…
tapi terkadang akal manusia membuat manusia cenderung lebih congkak, tinggi hati, bahkan menyepelekan sesuatu!
dalam banyak hal, manusia cenderung belajar melalui sesamanya. padahal, jika manusia mau membuka pikiran, banyak sekali pelajaran yang dapat diambil baik dari kejadian alam, maupun naluri atau fitrah hewan…
peneliti di Queen Mary, London University yang dikutip oleh National Geographic Magz menyatakan walaupun penerbangan lebah BumbleBee tampak liar dan acak-acakan saat lebah-lebah pekerjanya mencari serbuk sari dan nektar untuk dibawa ke sarang ternyata (memang) terdapat koreografi pada tiap petak bunga.
setiap lebah memiliki otak seukuran benih rumput, tetapi mereka dapat memanen secara efisien dengan memecahkan salah satu teka-teki matematika; masalah wiraniaga keliling.
tantangannya adalah menemukan rute terpendek untuk mengunjungi setiap bunga satu kali sebelum kembali ke sarang. lebah-lebah Bombus terrestris, dan barangkali spesies lain yang menggunakan memori spasial, rute cepat diperoleh melalui metode ralat dan galat. para ilmuwan mencoba menjawab bagaimana serangga melakukannya. mempelajari dasar keputusan lebah dapat menghasilkan wawasan untuk memperbaiki jaringan transportasi dan komunikasi manusia.
penelitian berbeda juga dilakukan oleh para ahli mesin dari perusahaan automotif NISSAN yang saat ini sedang mempelajari kehidupan ikan, khususnya tingkah laku ikan yang mampu berenang di dalam air tanpa bertabrakan dengan ikan lain. Ikan bahkan dapat berenang di dalam air secara berkelompok hingga tujuh ekor tanpa bertabrakan sekalipun.
Para peneliti saat ini menggunakan sebuah robot yang bisa berjalan dengan berkelompok hingga tujuh robot tanpa bertabrakan dengan membagi informasi kepada sesama temannya.


Nissan berharap teknologi ini dapat diadopsi oleh mobil di masa depan. Robot dengan tiga roda ini menggunakan laser untuk untuk menghitung jarak dengan obyek terdekat sehingga menghindari adanya benturan. Selain itu robot ini dilengkapi dengan radio komunikasi yang mengadopsi tingkah laku ikan dengan memberikan sinyal atau tanda sehingga dapat merubah arah pergerakan tanpa terjadi benturan.
wooooaah, ternyataaaa…..
banyak hal yang perlu digali dari alam, dan kehidupan di dalamnya. So, jangan pernah berhenti belajar :)

0 komentar:

Posting Komentar